Tuesday 7 April 2015

MANUSIA DAN TANGGUNG JAWAB IBD


MANUSIA DAN TANGGUNG JAWAB

i. Deskripsi Kasus

Manusia itu adalah makluk sosial dan saling berdampingan pula dengan rasa tanggung jawab. Tanggung Jawab itu bisa di artikan sebagai suatu rasa kesadaran diri seorang manusia dari suatu perbuatan yang disengaja ataupun tidak disengaja oleh manusia itu sendiri. Manusia itu hidup bersosialisasi dengan manusia lain harusmemiliki rasa tanggung jawab. Bagaimana tidak? Karena rasa tanggung jawab itu sangat penting bagi karakter seorang individu. Rasa tanggung jawab itu adalah salah satu proses pembentukan karakter suatu individu. 

Jadi suatu individu itu bertanggung jawab karena munculnya kesadaran dari segala perilaku individu itu sendiri serta akibat yang akan dia alami jika perilaku tersebut berdampak pada kepentingan individu lain. Individu dalam bermasyarakat tidak boleh berperilaku senaknya terdahap individu lainnya. Individu bertanggung jawab pula karena ia sadar dampak baik dan buruk perbuatan yang akan dia perbuat kelak.

ii. Analisis Kasus

Jika Manusia di kaitkan pada tanggung jawab maka akan terciptanya seorang manusia yang  di benak kita adalah seseorang yang memiliki karakter serta kepribadian yang dapat di percaya banyak orang. Walaupun dewasa ini kita hanya dapat melihat segelintir orang yang seperti itu. Menurut saya jika di bandingkan yaitu 1 : 50 manusia dimuka bumi ini. Kita harus membangun pribadi yang bertanggung jawab di mulai dari diri sendiri. Sebab tanggung jawab pada diri sendiri itu sangatlah penting sebelum kita melakukan tanggung jawab - tanggung jawab yang lainnya.

Banyak sekali macam macam tanggung jawab itu. Namun saya akan menjelaskan salah satu dari beberapa macam tanggung jawab. Salah satunya itu Tanggung jawab terhadap negara. Kenapa? karena tanggung jawab terhadap negara itu juga penting. Tanggung jawab terhadap negara itu akan membentuk suatu karakter bangsa yang sangat berpengaruh terhadap bangsanya. Tanggung jawab terhadap negara yang dapat kita lakukan sebagai warga negara yang bertanggung jawab yaitu misalnya menaati norma - norma yang ada pada sebuah negara. Jika kita dapat mematuhi peraturan serta ketentuan yang telah ditetapkan pada sebuah negara kita dapat dikatakan bertanggung jawab atas negara kita. Karena kita dapat membuahkan suatu kehidupan yang aman dan tentram pada sebuah negara yang bagaimanapun juga perbuatan kita juga yang akan mencerminkan negara itu.

Dewasa ini kita mengetahui bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia yang mayoritas penduduknya memeluk agama islam ini digegerkan dengan isu isu paham islam radikal yang di motori oleh ISIS. ISIS ini Negara Islam Irak dan Syam telah menyebarkan kepada umat muslimin di beberapa negara mayoritas islam seperti NKRI kita ini. Dan ISIS itu sebuah negara dan kelompok militan jihad yang tidak diakui di Irak dan Suriah. Kelompok ini dalam bentuk aslinya terdiri dari dan didukung oleh berbagai kelompok pemberontak Sunni. Penduduk indonesia pun merasa resah dengan adanya kelompok ini.

Terdengar juga kabar media jika warga negara indonesia yang tinggal menjadi TKI pun masuk atau ikut paham islam radikal ini. ISIS menyebarkan melalui berbagai cara, yaitu bisa melewati sekelompok orang yang mendiami suatu tempat yang kurang di perhatikan pemerintah lalu ia mengajarkan paham tersebut dan menghasut untuk mengikuti atau masuk kedalam kelompok ISIS biasanya pemuda pemuda indonesia sangat mudah untuk di pengaruhi. Lain lagi kali ini kelompok ISIS juga menyebarkan melalui internet seperti social media salah satunya dengan mengunggah video ke youtube dan yang paling sering yaitu melalui facebook, karena pengguna facebook sangat banyak sekali.

Dengan datangnya kabar seperti itu pemerintah Indonesia tidak tinggal diam. Demi menjaga rasa kesatuan persatuan bangsa indonesia supaya tidak menggoyahkan nilai nilai pancasila pemerintah Indonesia merasa sangat bertanggung jawab untuk melindunginya. Dengan cara meblokir beberapa situs situs yang berhubungan dengan paham islam radikal ISIS ini. Ketua Pengurus Besar Nahdatul Ulama (PBNU), Slamet Effendy Yusuf, menilai pemblokiran 22 situs penyebar paham radikalisme yang dilakukan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) merupakan wujud dari tanggungjawab negara dalam melindungi persatuan dan kesatuan NKRI.

Bagaimana tidak, mungkin sudah ada beberapa warga indonesia yang telah bergabung dengan ISIS dan pemerintah pun cemas sehingga langkah tersebut harus dilakukan. Namun dalam pemblokiran juga tidak dapat harus memblokir dengan seenaknya. Kemenkominfo juga harus melibatkan MUI, NU dan sebagainya supaya tidak kesannya asal asalan. Perlu di perhatikan juga apakah menyebarkan paham terorisme, radikalisme, dan bertentangan atau tidak dengan masyarakat, itu yang harus dibahasa secara utuh dan konferhensif.

 

KESIMPULAN DAN SARAN

 

Jadi Setiap insan perlu adanya rasa Tanggungjawab, karena rasa tanggung jawab sangat berperan penting bagi manusia. Bertanggung jawab tidak hanya kepada diri sendiri, namun juga kepada negara. Dengan adanya rasa tanggung jawab maka karakter individu tersebut sudah  dapat dipercaya bagi masyarakat karena memiliki rasa tanggung jawab yang konsisten. Bertanggung jawab itu perilaku yang sangat baik, karena dampak dari bertanggung jawab itu sangatlah positif. Jadi kita haruslah memiliki rasa tanggung jawab. Contohnya pemerintah Indonesia, karena ia merasa sangat bertanggung jawab atas negaranya demi menjaga kesatuan NKRI maka pemerintah memblokir 22 situs yang dinilai menyebarkan paham radikalisme.

 

Saran dari saya, kita sebagai individu yang ingin di akui dan dicintai masyarakat banyak hendaklah kita berpegang teguh pada Tanggung jawab yang besar. Karena itu kita dapat di percaya oleh masyarakat banyak serta membentuk pribadi yang baik di mata orang banyak.

DAFTAR PUSTAKA

 



 

No comments:

Post a Comment